Perhatikan Tanda – tanda Ini Pada Anggota Keluargamu, Jika Ada Dia Mungkin Sedang Putus Asa

Perhatikan Tanda - tanda Ini Pada Anggota Keluargamu, Jika Ada Dia Mungkin Sedang Putus Asa

Tahukah kamu kalau manusia dikaruniai dengan 27 macam jenis emosi? Tidak semuanya emosi positif ya, ada beberapa juga emosi negatif, seperti putus asa. Putus asa adalah perasaan negatif yang membuat kita merasa gagal, kecewa dan tidak mampu untuk menghadapi kehidupan. Manusiawi sih, karena terkadang beban kehidupan menjadi begitu tak tertahankan. Tapi kalau perasaan putus asa dibiarkan berlarut-larut, akibatnya bisa berujung maut loh. Sebuah penelitian menemukan fakta mengejutkan, bahwa putus asa bisa menyebabkan kematian, jika tidak ditangani dalam kurun waktu tiga minggu!

Penyebab Rasa Putus Asa

Perasaan putus asa tidak bisa dihindari, namun bisa dikelola dengan bijaksana. Sebab jika tidak bisa dikendalikan, rasa putus asa akan menjadi kehancuran seseorang. Putus asa bisa membawa manusia ke dalam jurang kegilaan, depresi, stress berkepanjangan hingga bunuh diri.

Exepectation is the root of all heartache. Pernah mendengar quote yang satu ini? Biasanya, perasaan putus asa akan timbul ketika seseorang tidak bisa me-manage ekspektasinya sendiri. Orang-orang yang mengalami trauma berat di masa lalu juga rentan terhadap perasaan putus asa.

Perasaan putus asa juga bisa muncul akibat cara seseorang mengelola krisis dalam hidupnya. Misalnya, apabila sedang mengalami masalah keuangan, seseorang lebih tergoda permainan roulette online, dengan harapan mendapatkan keuntungan instan. Padahal, perjudian jelas tidak menyelesaikan masalah. Judi justru menambah kerumitan tekanan kehidupan, tumpukan hutang dan memupuk rasa putus asa.

Perilaku Orang yang Putus Asa

Perasaan putus asa tidak selalu berakhir kepada kegilaan ataupun usaha bunuh diri kok. Asal orang yang sedang berputus asa cepat diberikan pertolongan sebelum mengalami kematian psikogenik. Ya, sebenarnya ada beberapa tahap yang akan dihadapi oleh orang-orang yang sedang berputus asa. Mirip seperti tahapan berduka.

1. Menarik Diri

Pada tahap pertama, orang yang sedang berputus asa akan mulai menarik diri mereka dari pergaulan sosial. Mereka kehilangan kepercayaan diri dan mengutuki diri sendiri karena tidak mampu mencapai tujuan hidupnya. Hal ini akan berbahaya, apabila mereka tergoda permainan roulette online terbaik untuk mencari penghiburan lewat pengasingan.

2. Kurang Motivasi

Pada tahap kedua, orang yang putus asa akan menjadi sangat malas dan kehilangan motivasi untuk bangkit. Perasaan apatis akan muncul sehingga mereka kehilangan semangat dan insting untuk bertahan hidup. Bahkan, mereka tidak lagi merasakan nyeri.

3. Kematian Psikogenik

Tahap ini adalah tahap yang paling mengerikan. Pernah mendengar istilah kematian psikogenik? Kematian yang ini bukanlah jenis kematian yang disebabkan oleh depresi dan bunuh diri. Kematian psikogenik adalah kematian akibat tidak lagi memiliki keinginan untuk hidup. Hal ini disebabkan karena kerusakan di bagian otak yang mengatur rutinitas. Perasaan seperti ini juga akan memicu mereka untuk membuat keputusan buruk yang merugikan diri sendiri. Misalnya tergoda permainan roulette online uang asli , mencicipi alkohol dan obat-obatan terlarang.

Putus asa hanya bisa disembuhkan ketika seseorang yang mengalaminya ingin bangkit dari keterpurukan. Mereka berusaha untuk menepis keinginan untuk mati. Hal ini membutuhkan dukungan dari orang-orang sekitarnya. Maka, pastikan mereka tahu bahwa mereka dicintai, dan berusahalah untuk menjadi kekuatan bagi keluargamu yang sedang berputus asa!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*